JALAN KETUT JETUNG KUTUH
KUTA SELATAN, BADUNG - BALI
TELEPHONE / FAX : (0361) 771737 / (0361) 771737
EMAIL : info@smansakutsel.sch.id

Sekolah Berwawasan Lingkungan

SMA Negeri 1 Kuta Selatan adalah SMA Unggulan di Bali

Prestasi Tiada Henti

SMA N adalah SMA Unggulan di Bali

Sekolah Berwawasan Lingkungan

SMA Negeri 1 Kuta Selatan adalah SMA Unggulan di Bali

Sekolah Berwawasan Lingkungan

SMA Negeri 1 Kuta Selatan adalah SMA Unggulan di Bali

Sekolah Berwawasan Lingkungan

SMA Negeri 1 Kuta Selatan adalah SMA Unggulan di Bali

Sejarah

SMA Negeri 1 Kuta Selatan semula bernama SMU Negeri 2 Kuta yang mulai dibuka pada tanggal 19 Juli 1999 dan diresmikan pembukaannya pada tanggal 20 Oktober 1999 oleh Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Surat Keputusan Nomor: 291 /O/1999, kemudian melalui Surat Keputusan Bupati Badung No. 210 tahun 2003 tanggal 21 Nopember 2003, nama SMU Negeri 2 Kuta berubah menjadi SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Tanggal 20 Oktober bukanlah merupakan hari jadinya SMA Negeri 1 Kuta Selatan, karena pada waktu itu kita menggunakan sistem Catur Wulan, yang mana pada tanggal 20 Oktober kadang-kadang bertepatan dengan kegiatan Ulangan Umum. Sedangkan hari jadinya SMA Negeri 1 Kuta Selatan kami tetapkan pada tanggal 9 September 1999, yang mana angka sembilan merupakan angka tertinggi berdasarkan perhitungan Hindu. Tentu dibalik semua itu terkandung suatu harapan mudah-mudahan SMA Negeri 1 Kuta Selatan mampu meraih prestasi maksimal.

Pada awal dibukanya SMA Negeri 1 Kuta Selatan belum memiliki gedung sendiri, melainkan masih menumpang di SMP Negeri 2 Kuta Selatan dengan jumlah siswa Kelas I : 74 orang. Pada tanggal 11 Desember 1999 SMA Negeri 1 Kuta Selatan resmi menempati gedung baru yang sudah selesai dibangun.

Dari mulai berdiri sampai saat ini SMA Negeri 1 Kuta Selatan membuka tiga program yaitu program IPA, Program IPS, dan Program IPB. Dalam perkembangannya terutama dalam mengantisipasi tantangan global SMA Negeri 1 Kuta Selatan memiliki Visi, Misi serta Tujuan yang jelas dengan pemikiran pengelolaan sekolah adalah :

  • Bekerja sebagai suatu kewajiban
  • Memberi pelayanan terbaik adalah amal
  • SMA Negeri 1 Kuta Selatan adalah Widya Loka.

Untuk mewujudkan hal itu SMA Negeri 1 Kuta Selatan memiliki filosofi dan sekaligus dijadikan sebagai motto yaitu: YOGASTHAH KURU KARMÂNI SANGAM TYAKTVÂ yang artinya “Pusatkanlah pikiranmu pada kesucian, bekerjalah/berbuatlah tanpa mengharapkan hasil dari perbuatan itu ( Bekerja Tanpa Pamrih )

Sebagai wujud nyata dari pengelolaan sekolah yang merupakan suatu kewajiban pada setiap satuan pendidikan untuk menentukan kelayakan dalam memberikan layanan kepada masyarakat harus mengikuti akreditasi dari Badan Nasional Standar Pendidikan ( BNSP ). Pada Tahun Pelajaran 2005/2006 SMA Negeri 1 Kuta Selatan adalah sekolah yang pertama kali diakreditasi memperoleh Predikat A dengan Katagori Amat Baik ( Nilai 90,98 ), dan Tahun Pelajaran 2009/2010 diakreditasi kembali mendapat Predikat A dengan katagori Amat Baik ( Nilai 96,00 ) serta pada tahun 2008 sebagai Rintisan Sekolah Katagori Mandiri ( RSKM ).

MAKNA LOGO SMA NEGERI 1 KUTA SELATAN

logo
Diciptakan oleh : I Ketut Darmasusila
Atas Permintaan : Drs I Putu Jaya Kusuma (Kepala SMU Negeri 2 Kuta)


ARTI LAMBANG
A. ARTI BENTUK

  • Bentuk Prisai : Lambang ketahanan terhadap gangguan pendidikan baik yang berasal dari dalam maupun dari luar sekolah termasuk pengaruh negatif dari perkembangan pariwisata.
  • Obor : Suluh dalam mencapai tujuan / cita-cita
  • Buku : Sumber ilmu pengetahuan
  • Kipas : Merupakan unsur seni/budaya yang tak lepas dari kehidupan manusia.
  • Gapura : Mengambil bentuk gapura di pura Uluwatu yang unik yang ada di kawasan Bukit Pecatu dimana sekolah berdiri.
  • Angka-angka : Angka 9 dan 9 tangkai obor menunjukkan bahwa SMU Negeri 2 Kuta diresmikan tanggal 9 bulan 9, sedangkan ujung kipas yang jumlahnya masing-masing 9 menunjukkan tahun 1999.



B. ARTI WARNA

  • Api biru kehijauan : Sinar kesejukan di daerah bukit yang panas. ( demikian juga latar belakangnya ).
  • Kuning emas : Lambang kebesaran / keagungan.
  • Biru : Lambang cinta kasih/kesetiaan terhadap sekolah.
  • Merah : Lambang keberanian. Keberanian dalam menjawab tantangan hidup.
  • Ungu : Lambang kesungguhan. Kesungguhan dalam menuntut ilmu.



C. LAIN-LAIN
Bentuk dan warna disusun demi keselarasan komposisi semata.

Kesimpulan :
Melalui ilmu pengetahuan siswa akan mendapatkan suluh untuk memasuki pintu gerbang guna mencapai cita-cita yaitu kebahagian di bawah sinar bening yang menyejukkan dari Hyang Maha Kuasa.